<

Android O, Seri Android Terbaru, Apa Saja Kelebihannya?

Android O merupakan kode nama terbaru OS besutan Google ini. Pada bulan Maret 2017, Google akhirnya merilis Android O versi developer preview, tentunya banyak yang penasaran, apa saja fitur baru Android O ini?

Namun perlu diingat, Android O versi Dev ini belum tersedia untuk pengguna biasa, karena sesuai namanya, Android ini dikhususkan untuk para developer yang ingin menguji aplikasi mereka di OS anyar tersebut.

Seperti dilansir The Verge, fokus utama mereka ada pada bagian memperbaiki daya tahan baterai smartphone dengan cara membatasi aktivitas aplikasi yang ada di background, seperti yang dilakukan Apple di iOS. Hal ini dilakukan agar bermacam aktivitas di background itu tak menyedot daya baterai yang berlebihan.

“Kami menambah batasan otomatis pada hal-hal yang bisa dilakukan aplikasi di background, yaitu di tiga area utama, implicit broadcast, background services, dan location updates,” ujar Dave Burke, Android VP of engineering.

Selain itu Google juga mengubah sistem notifikasi Android O. Salah satu perubahan ini adalah kini pengguna bisa mengelompokkan notifikasi dari tiap-tiap aplikasi ke dalam kategori tertentu, yang disebut ‘channels’.

Selain memperbarui fitur baterai dan notifikasi, ada juga dukungan fitur baru yang akan meningkatkan kualitas audio Android, tepatnya kualitas audio melalui headphone atau speaker nirkabel. Caranya dengan menambahkan fitur ‘high quality Bluetooth audio codec’ ke Android, serupa dengan codec LDAC milik Sony.

Leave a reply